Rabu, 09 Mei 2012

Waktu-waktu Terbaik Untuk Otak Kita


Banyak yang mendugahanyaenergiatauberatbadan yang dapatberfluktuasiselamasatuhari.Padahalotakmanusiajugamemilikiiramatersendiridanadawaktu-waktuterbaiknya.Kapansajawaktubrilianuntukmelakukanaktivitastertentu?

SepertidikutipdariHealth.MSN, Senin (4/10/2010) ada 8 waktutertentu yang manaseseorangbisamenjadibriliandalammelakukantugas-tugasnya, yaitu:

Jam 7-9 pagi: Saatterbaikuntukmeningkatkansemangatdangairah
"Waktutersebutmerupakansaat yang sempurnauntukmeningkatkanikatandenganpasanganketikabarubanguntidur," ujar Ilia Karatsoreos, PhD, ahlisarafdari Rockefeller University.

Hal inikarenakadarhormonoksitosin (hormoncinta) berada di level tertinggisetelahbanguntidur. Waktuinimerupakansaat yang tepatuntukmemperkuathubungandengan orang-orang yang paling pentingdalamhidup.PenelitiInggrismenuturkanbahwakadaroksitosinpadalaki-lakiakanberangsur-angsurmenurunseiringberjalannyawaktu.

Jam 9 pagisampai 11 siang: Saatterbaikuntukkreativitas
Padawaktutersebutotakmemilikihormonkortisol (hormonstres) yang cukup, sehinggadapatmembantumemfokuskanpikirandanhalinitidakdipengaruhiolehusiaberapapun.

Saatinimerupakanwaktu yang prima untukbelajarsertamengerjakantugas yang membutuhkananalisadankonsentrasi.Karenaitusaatnyamengembangkan ide baru, membuatpresentasiataumelakukan brainstorming.

Jam 11 sampai jam 2 siang: Saatterbaikuntukmelakukantugas yang sulit
PenelitiJermanmenuturkansaattersebuthormon melatonin (hormontidur) telahmenuruntajam, sehinggatubuhlebihsiapuntukmengerjakanbebanproyekataupekerjaan yang sulitdankeras.

Namunsebaiknyatetaptidakmelakukanbeberapatugassecarabersamaan, karenaakanmembuatseseorangkehilngankonsentrasi. Karenaitusaatnyamelakukanpresentasiataumelakukantugas yang beratlainnya.

Jam 2-3 siang: Saatterbaikuntukberistirahat
Untukmencernamakansiang, makatubuhakanmenarikdarahdariotakkeperut, kondisiiniakanmembuatasupandarahatauoksigenkeotaksedikitberkurang yang membuatseseorangjadimengantuk. Untukitucobalahberistirahatsebentardaripekerjaan.

Jikatetapharusbekerjadanmelawankantuk, cobalahberjalan-jalansebentar, melakukanmeditasiatauminum air putih.Hal inibisameningkatkan volume vaskulerdansirkulasisehinggameningkatkanalirandarahkeotak.

Jam 3 siangsampai 6 sore: Saatterbaikuntukkolaborasi
"Padasaatsekarangotakakanmerasasangatlelah," ujar Paul Nussbaum, PhD, seorangneuropsikologklinis.Karenaitutakadasalahnyauntukmelakukankolaborasidenganrekankerjaataumelakukankegiatan yang berbeda.Meskipunotaktidaksetajamwaktusebelumnya, tapiseseorangakanmerasalebihsantaidantekanantubuhnyajugalebihrendah.

Jam 6 sore sampai 8 malam: Saatterbaikuntukmelakukantugas-tugaspribadi
Diantara jam tersebut, penelitimenemukanbahwaotaksudahmasukdalamtahap 'pemeliharaan', yaituketikaproduksi melatonin masihberada di level rendah.

Takadasalahnyauntukberjalan-jalanseorangdiriataubersamateman-teman, menyiapkanmakanmalamataumenikmatiwaktu yang berkualitasbersamaanggotakeluarga.

Jam 8-10 malam: Saatterbaikuntukbersantai
Padasaatiniadatransisidarikondisiterjagamenjadimengantuk, karenakadarhormon melatonin akanmeningkatcepat. Sementaraitukadar serotonin (neurotransmitter yang berhubungandengansemangat) akanmemudar.

Rubin Naiman, PhD spesialismasalahtidurdari University of Arizona's Center for Integrative Medicine menuturkansekitar 80 persen serotonin akandirangsangdaripaparansinarmatahari, sehinggajikamataharitenggelamkadardalamdalamtubuhjugaberkurang.

"Padamalamhariketikaotaksudahlelah, merupakancaraterbaikuntukmembuattubuhmenjadisantaisepertimenonton film lucu, merajutataumelakukanhal-hal yang bisamembuattubuhsantaiataurileks," ujarNaiman.

Jam 10 malamkeatas: Saatterbaikuntuktidurdanmenudasegalakegiatan
Saatinimerupakanwaktunyaistirahatmalamdantidur, pengaturancahayaakandapatmembantumembiarkanotakberistirahat. Setelahbeberapa jam, otakakansiapkembaliuntukmemulaiaktivitasbaru.

Usahakanuntukmendapatkantidur yang cukupsebanyak 7-8 jam, sehinggabisamendapatkankesehatandanenergi yang optimal di pagihari.

source: http://venasaphenamagna.blogspot.com/2010/10/8-waktu-terbaik-untuk-otak-kita_07.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar